Game  

Cara Memasang Game PPSSPP di Hp Android dengan Mudah

Cara Memasang Game PPSSPP di Hp Android
Cara Memasang Game PPSSPP di Hp Android

SANEPO.COM – Cara memasang game PPSSPP sebenarnya sangat mudah sekali. Ada beberapa tahapan dalam menginstal game PPSSPP sebelum akhirnya dapat kamu mainkan di hp android.  

Sebelum memasang game PPSSPP, kamu harus tahu format dari game tersebut. Kalau aplikasi atau game yang ada di Play Store, umumnya akan memiliki format apk. Namun untuk game PPSSPP, memiliki format ISO atau CSO. 

Format ISO game PPSSPP inilah yang nantinya kamu mainkan. Selain itu, kamu juga butuh sebuah emulator khusus. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak tahapan-tahapan dari sanepo berikut ini. 

Cara Memasang Game PPSSPP di Hp Android

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui untuk dapat memasang game PPSSPP. Tahapan-tahapan tersebut telah sanepo rangkum sebagai berikut. 

1 Instal Aplikasi PPSSPP 

Cara Memasang Game PPSSPP di Hp Android
Cara Memasang Game PPSSPP di Hp Android

Sebelum melangkah menuju cara memasang game PPSSPP, kamu harus menginstal emulator PPSSPP terlebih dahulu. Emulator ini bisa kamu dapatkan melalui Play Store. 

Tercatat, ada emulator PPSSPP versi biasa (warna biru) dan emulator PPSSPP versi gold (warna emas). Keduanya hampir sama kok, kamu hanya perlu menginstal emulator yang paling disukai. 

Sekedar informasi, game PPSSPP tidak akan dapat dijalankan jika tidak ada emulator. Karena emulator ini berguna untuk membaca file game dan menjadi alat kendali dari game yang kamu mainkan.

2. Download File Game PPSSPP

Langkah selanjutnya yakni mendownload file game PPSSPP. Untuk file gamenya tidak ada di Play Store. Kamu harus mendownloadnya melalui websitenya. Jangan khawatir, karena sanepo telah menyediakan beberapa websitenya untuk kamu. 

Link download game PPSSPP yang dapat kamu gunakan antara lain seperti www.freeroms.com, www.coolrom.com, www.emuparadise.me, www.portalroms.com. 

Cara download game PPSSPP Android juga mudah. Kamu hanya perlu buka salah satu link di atas. Kemudian cari game yang ingin didownload dan dimainkan. 

3. Lakukan Ekstraksi Jika Diperlukan (Bisa diskip)

Umumnya file game PPSSPP memiliki format ISO. Namun terkadang ketika kita mendoakan file game tersebut akan mendapatkan format Zip, rar, atau yang lainnya. 

Nah apabila saat kamu download game PPSSPP dalam bentuk ISO, maka kamu tidak perlu mengekstrak. Akan tetapi jika kamu mendownload dalam bentuk rar atau zip, maka harus mengekstrak terlebih dahulu. 

Cara memasang game PPSSPP dengan ZArchiver juga mudah. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi ZArchiver. Kemudian buka aplikasi tersebut. Setelah itu cari file game PPSSPP, terakhir ekstrak. Setelah terekstrak, kamu bisa lanjut ke tahap berikut. 

4. Cari Tahu Lokasi Penyimpanan Game

Cara Memasang Game PPSSPP di Hp Android
Cara Memasang Game PPSSPP di Hp Android

Cara memasang ISO PPSSPP yang selanjutnya yakni mencari lokasi tempat menyimpan game. Kamu bisa pindahkan file ISO tersebut ke dalam folder baru. 

Cara memindahkan file game PPSSPP yakni dengan membuka folder lokasi file ISO berada. Kemudian klik pindah -> memori Internal -> buat folder Game (pindah di sini). 

Setelah game tersebut dipindahkan, kamu bisa buka aplikasi PPSSPP dan temukan gamenya. Caranya yakni dengan membuka aplikasi PPSSPP, setelah itu klik bagian games (sebelah Recent). Terakhir, kamu bisa temukan game yang telah diunduh dan siap dimainkan.

5. Mainkan Game PPSSPP di Hp

cara memasang game PPSSPP yakni memainkan gamenya. Untuk cara memainkannya juga cukup mudah sekali. Ketika file game telah ketemu, kamu bisa langsung klik game yang hendak dimainkan. Dengan begitu game akan berjalan di hp kamu. 

Penutup

Demikianlah beberapa cara memasang game PPSSPP yang dapat kamu terapkan sendiri. Cara di atas cukup mudah sekali bukan? Semoga apa yang sanepo bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.