Cara Atasi 403 Forbidden Google Chrome/Dok.plesk.com/

SANEPO.COM – Beberapa pengguna cukup bingung dengan kendala yang muncul di peramban dan membutuhkan cara atasi 403 forbidden Google Chrome.

Tak banyak yang mengetahui bila cara atasi 403 forbidden Google Chrome bisa kamu lakukan sendiri dengan cukup mudah.

Tak perlu meminta bantuan orang lain, kamu bisa mengikuti langkah pada bahasan di bawah ini menegnai bagaimana cara atasi 403 forbidden Google Chrome.

Error muncul kala kamu mencoba mengakses sebuah situs bukanlah hal yang aneh karena banyak pengguna yang mengalaminya juga.

Namun bila hal tersebut menimpa situs yang kamu miliki dan sering terjadi tentu akan sangat merugikan dan membuat kepercayaan pengunjung hilang.

Apalagi bila situs yang kamu miliki bersifat komersil untuk berjualan ataupun penyedia jasa lainnya, perlu segera diatasi.

Apa Itu 403 Forbidden

Tak sedikit pengguna browser yang pernah mengalami error saat hendak mengakses sebuah situs dan muncul tulisan 403 Forbidden.

403 Forbidden merupakan sebuah pesan kesalahan ketika kamu mencoba untuk mengakses halaman situs tapi tak memiliki izin yang dibutuhkan.

Alasan munculnya pesan error ini karena server web yang menghosting menolak tegas permintaan yang masuk untuk memprosesnya.

Hal tersebut biasanya berkaitan dengan masalah keamanan pada situs atau website tersebut.

Munculnya 403 Forbidden bisa menjadi masalah serius juga menyangkut kepercayaan pengunjung paad situs tersebut.

Bisa jadi pengunjung berpikir bahwa situs tersebut tidak aman dan tak dapat diandalkan bila terus menerus muncul kesalahan tersebut.

Apalagi bila error ini muncul pada situs yang bersifat komersil seperti e-commerce atau lainnya, pelanggan tak akan bisa melihat produk yang ada.

Bila pelanggan tak bisa melihat produk di situs tersebut, bisa jadi akan berpindah pada kompetitor lainnya.

Penyebab 403 Forbidden

  1. Kesalahan pada perizinan menjadi penyabab yanag umum terjadi, dimana pengguna tak memiliki izin membaca atau menulis file tertentu.
  2. Perintah dalam file htaccess membatasi akses ke halaman tertentu tanpa alasan yang sesuai dan dapat mempengaruhi performa situs secara keseluruhan.
  3. Penyebab lainnya adalah bila terdapatplugin yang tidak kompatibel dengan tema atau plugin lainnya, sehingga menimbulkan konflik.

Cara Atasi 403 Forbidden

  1. Memeriksa kembali URL, pastikan tidak mengandung kesalahan penulisan, spasi ekstra, atau tautan yang rusak.
  2. Periksa izin atau permission file dan folder di server situs kamu, pastikan sesuai dan tak ada yanag sengaja diblokir.
  3. Bila situs kamu menggunakan server Apache, periksa file htaccess, pastikan tidak ada kesalahan konfigurasi didalamnya.
  4. Langkah terakhir adalah memeriksa firewall karena bisa jadi konfigurasi yang ketat justru memblokir akses yang sah.
  5. Dengan melakukan refresh halaman bisa menghapus cache pada browser dan memperbaruinya.
  6. Bersihkan cache dan cookie browser agar dapat mengatasi 403 Forbidden.
  7. Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi provider hosting bila semua langkah di atas belum berhasil.

Pastikan kamu melakukan langkah-langkah di atas agar cara atasi 403 forbidden Google Chrome berhasil.

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Tovan Harry M

Tovan Harry M

Tovan, penggemar teknologi yang suka nulis konten tech dan berbagi pengalaman di Sanepo.