5 Tutorial Edit Foto Selfie Ala Selebgram yang Paling Hits di TikTok
5 Tutorial Edit Foto Selfie Ala Selebgram yang Paling Hits di TikTok

SANEPO – Dalam era digital ini, foto selfie ala selebgram telah menjadi trend tersendiri di kalangan anak muda.

Banyak selebgram yang membagikan tutorial edit foto selfie di akun media sosialnya, sehingga para pengguna juga dapat ikut mencoba dan mendapatkan hasil yang sama dengan mereka.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 5 tutorial edit foto selfie ala selebgram yang paling hits di TikTok.

Cara Edit Foto Selfie untuk Menonjolkan Wajah

Sekarang ini, banyak sekali pengguna smartphone yang rutin melakukan aktivitas selfie. Secara umum, mereka mendapatkan hasil yang baik, namun tidak jarang juga mereka gagal dalam upaya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Seperti yang kita ketahui, untuk mendapatkan foto yang bagus butuh trik dan tips khusus supaya hasilnya sempurna. Nah, berikut ini saya akan membagikan beberapa tips dan trik untuk mengedit foto selfie agar hasilnya maksimal dan menonjolkan wajah.

Pertama, Anda perlu memilih aplikasi edit foto yang tepat. Ada banyak sekali aplikasi edit foto di Android maupun iOS, namun tidak semuanya memberikan hasil yang maksimal.

Untuk itu, sebaiknya Anda memilih aplikasi edit foto yang bagus dan populer seperti Camera 360, PicMonkey, atau Adobe Photoshop. Kedua, Anda harus tahu mana yang perlu Anda edit dan mana yang tidak. Jika wajah Anda tampak gemuk atau kurang ideal, sebaiknya Anda edit bagian itu saja agar tidak menjadikan foto selfie Anda terlihat buruk.

Salah satu tipsnya adalah dengan membuat sebuah frame atau garis untuk mempertegas bentuk wajah Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengubah warna rambut atau bahkan menambahkan aksesoris agar foto selfie Anda terlihat lebih menarik dan segar.

Ketiga, gunakan efek lighting yang bagus agar foto selfie Anda tidak terlalu gelap atau terlalu cerah. Anda bisa memanfaatkan efek natural light atau man-made light untuk mendapatkan lighting yang bagus. Untuk natural light, Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari di pagi atau sore hari.

Sedangkan untuk man-made light, Anda bisa memanfaatkan lampu gantung atau spot light. Keempat, gunakan filter yang bagus agar foto selfie Anda terlihat lebih menarik. Ada banyak sekali filter yang tersedia di berbagai aplikasi edit foto, namun tidak semuanya bagus digunakan. Untuk itu, sebaiknya pilih filter yang sesuai dengan gaya foto selfie Anda.

Jika Anda ingin membuat foto selfie Anda terlihat lebih soft atau romantic, gunakan filter pink atau soft light. Sedangkan jika Anda ingin foto selfie Anda terlihat lebih fresh dan natural, gunakan filter monochrome atau black and white.

Demikian beberapa tips dan trik untuk mengedit foto selfie agar hasilnya maksimal dan menonjolkan wajah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai aksesoris untuk membuat foto selfie Anda lebih menarik dan berbeda dari yang lainnya. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dan mencoba hal-hal baru agar hasil akhirnya sempurna.

Tips dan Trik dalam Edit Foto Selfie yang Sekarang Sedang Hits

​Sebagai seorang selebgram, pastinya Anda sering mendapatkan pertanyaan dari para follower mengenai tips dan trik dalam edit foto selfie. Pada era digital seperti sekarang ini, mana mungkin selebgram tanpa mengedit foto profil mereka?

Foto profil di media sosial sangat berpengaruh terhadap jumlah follower yang dimiliki. Selain itu, bagaimana foto selfie Anda nanti akan terlihat di feed media sosial juga sangat penting. Jika foto profil Anda bagus, para follower akan semakin tertarik untuk melihat update Anda selanjutnya.

Oleh karena itu, berikut saya berikan beberapa tips dan trik dalam edit foto selfie agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

1.Jangan Lupa Mendesain Foto dengan Logo Branding Anda

Logo branding adalah ciri khas seorang selebgram. Dengan menambahkan logo branding pada foto profil, para follower akan dengan mudah mengenali Anda.

Selain itu, logo branding juga dapat memberikan nilai lebih pada foto profil Anda. Untuk mendesain logo branding yang bagus, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Canva atau Adobe Photoshop.

2. gunakan Filter Warna yang Menarik

Warna memang sangat penting dalam sebuah foto. Filter warna yang bagus akan membuat foto Anda terlihat lebih hidup dan menarik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah filter warna yang sedikit berbeda dari warna asli foto. Jangan gunakan filter warna yang terlalu drastic karena justru akan membuat foto Anda terlihat buruk.

3. Atur Brightness, Contrast, dan Saturation dengan Baik

Setelah menambahkan filter warna, selanjutnya Anda perlu mengatur brightness, contrast, dan saturation agar warna pada foto tidak terlalu kuat atau justru terlalu lemah.

Untuk brightness, gunakanlah nilai yang sedikit lebih tinggi dari brightness asli foto. Untuk contrast, gunakan nilai antara 50-70%. Sedangkan untuk saturation, gunakan nilai antara +10 hingga +20%.

4. Blur Background Foto agar Fokus pada Foto Selfie Anda

Agar foto selfie Anda terlihat lebih bagus, blur background foto adalah salah satu tips yang bagus untuk diterapkan. Blur background dapat memberikan kesan yang lebih elegan pada foto selfie Anda. Untuk blur background, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Afterlight atau VSCO Cam.

5. Tambahkan Efek agar Foto Selfie Lebih Menarik

Selain blur background, efek juga dapat memberikan kesan yang lebih elegan pada foto selfie. Efek dapat ditambahkan dengan menggunakan aplikasi seperti Afterlight atau VSCO Cam.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah efek dengan nilai yang sedikit lebih rendah dari nilai asli foto.

6. Gunakan Efek Flare agar Foto Selfie Lebih Menarik

Efek flare adalah sebuah efek visual yang ditimbulkan ketika cahaya masuk secara langsung ke lensa kamera.

Efek flare dapat memberikan kesan yang lebih elegan dan dramatis pada foto selfie. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah efek flare dengan nilai yang sedikit lebih rendah dari nilai flare asli foto.

7. Tambahkan Frame agar Foto Selfie Lebih Menarik

Frame adalah sebuah elemen yang dapat memberikan kesan yang lebih elegan dan artistik pada foto selfie.

Frame juga dapat berfungsi sebagai filter alami yang dapat membuat foto selfie Anda terlihat lebih baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah frame dengan nilai yang sedikit lebih rendah dari nilai frame asli foto.

8. Gunakan Teks agar Foto Selfie Lebih Menarik

Teks adalah sebuah elemen yang dapat memberikan kesan yang lebih artistik dan unik pada foto selfie.

Teks juga dapat berfungsi sebagai komentar dari seorang selebgram terhadap dirinya sendiri atau hal-hal lain yang sedang dilakukannya saat ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah teks dengan nilai yang sedikit lebih rendah dari nilai teks asli foto.

9. Tambahkan Sticker agar Foto Selfie Lebih Menarik

Sticker adalah sebuah elemen yang dapat memberikan kesan yang lebih artistik dan unik pada foto selfie Anda.

Selain itu, sticker juga berfungsi untuk memberikan informasi tambahan kepada para follower seperti caption atau hashtags. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah sticker dengan nilai yang sedikit lebih rendah dari nilai sticker asli foto.

10. Gunakan Aplikasi Edit Foto Profesional agar Hasilnya Lebih Bagus

Adobe Photoshop dan Lightroom merupakan aplikasi edit foto profesional yang sangat bagus untuk di gunakan dalam edit foto selfie. Kedua aplikasi ini sangat user friendly dan memilikifitur-fitur yang lengkap untuk mendesain sebuah foto profesional.

Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi Adobe Photoshop atau Lightroom untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam edit foto selfie Anda.

Cara Membuat Foto Selfie Menjadi Lebih Glam dengan Filter

Untuk dapat membuat foto selfie menjadi lebih glamor, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi fotografi mahal atau peralatan fotografi yang canggih. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi editing foto yang tersedia secara gratis di Internet. Salah satu aplikasi editing foto yang populer dan banyak digunakan adalah Instagram.

Instagram telah menyediakan berbagai macam filter yang dapat Anda gunakan untuk membuat foto selfie Anda lebih menarik. Beberapa filter yang populer dan sering digunakan adalah Clarendon, Valencia, dan Juno. Filter Clarendon sering digunakan untuk membuat foto selfie menjadi lebih berwarna. Filter Valencia sering digunakan untuk membuat foto selfie menjadi lebih soft. Sedangkan filter Juno sering digunakan untuk membuat foto selfie menjadi lebih sharp.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat foto selfie Anda lebih glamor dengan filter:

1. Pertama-tama, buka aplikasi Instagram di hp Anda.

2. Kemudian, ambil sebuah foto selfie dengan gaya yang Anda inginkan.

3. Setelah itu, pilih filter yang Anda inginkan. Anda dapat mencoba berbagai macam filter yang ada hingga Anda menemukan filter yang cocok dengan gaya foto selfie Anda.

4. Selanjutnya, unggah foto selfie Anda ke akun Instagram Anda.

5. Terakhir, tambahkan beberapa caption yang menarik ataupun hashtags yang related untuk mempromosikan foto selfie Anda.

Teknik Edit Foto Selfie yang Mendefinisikan Jitu Aksenmu

​Sudah bukan jamannya lagi untuk foto selfie dengan filter natural. Kini, sebagian besar orang-orang tertarik untuk membuat foto mereka tampak seolah-olah seperti foto selebgram. Untuk mendapatkan foto seperti itu, kamu tidak perlu berfoto dengan kamera mahal seperti kamera DSLR. Kamu hanya perlu foto dengan smartphone kamu dan menggunakan aplikasi edit foto yang tepat.

Nah, kali ini kami akan membagikan tutorial untuk kamu yang ingin mengedit foto selfie ala selebgram. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah ini dan pastikan kamu menggunakan aplikasi edit foto yang bagus.

Pertama, tentukan filter yang akan kamu gunakan. Filter sangat penting untuk menentukan aksen foto. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang bagus, pastikan kamu menggunakan filter yang tepat. Kami merekomendasikan untuk menggunakan filter Vintage atau sejenisnya. Filter Vintage akan memberikan kesan tua pada foto kamu dan juga akan menambahkan tekstur pada foto.

Kedua, gunakan efek hitam dan putih. Efek hitam dan putih akan membuat foto kamu terlihat lebih elegan. Untuk mendapatkan efek ini, pastikan kamu menggunakan aplikasi edit foto yang memiliki fitur efek hitam dan putih.

Ketiga, tambahkan vignette pada foto. Vignette akan memberikan bayangan hitam di sekitar tepi foto. Efek vignette ini akanmemberikan kesan yang lebih dramatis pada foto. Untuk mendapatkan efek vignette, Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto yang memiliki fitur vignette.

Keempat, beri sentuhan akhir dengan menambahkan brightness pada foto. Brightness akan memberikan efek cerah pada foto. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto yang memiliki fitur brightness atau mengubah opsi pada menu brightness smartphone kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hasil edit foto selfie ala selebgram.

Tutorial Edit Foto Selfie Ala Selebgram

Aplikasi edit foto seperti apa yang dimiliki oleh para selebgram? Banyak selebgram memiliki aplikasi edit foto unik dan keren yang tidak dimiliki oleh orang biasa. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tutorial aplikasi edit foto ala selebgram.

Pertama, Anda perlu menginstall aplikasi bernama PicsArt. PicsArt adalah aplikasi edit foto yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para selebgram. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur editing foto yang lengkap, seperti filter, efek, dan lain sebagainya.

Setelah Anda membuka PicsArt, pilih foto yang akan Anda edit. Kemudian, pada bagian atas layar, Anda akan melihat tombol bernama “Effects”. Klik tombol tersebut, dan Anda akan melihat berbagai efek foto yang tersedia. Pilih efek yang Anda sukai, lalu aplikasikan ke foto Anda.

Selanjutnya, Anda juga dapat menambahkan filter pada foto Anda. Pada bagian atas layar, Anda akan melihat tombol bernama “Filters”. Klik tombol tersebut, dan Anda akan melihat berbagai filter foto yang tersedia. Pilih filter yang Anda sukai, lalu aplikasikan ke foto Anda.

Untuk menambahkan teks pada foto Anda, pilih tombol “Add Text” di bagian bawah layar. Anda akan melihat sebuah kotak teks muncul di tengah layar. ketikkan teks yang Anda inginkan, lalu pilih “Done” untuk menyimpan teks yang Anda buat.

Anda juga dapat menambahkan stiker pada foto Anda dengan cara yang sama seperti menambahkan teks. Pilih tombol “Add Sticker” di bagian bawah layar, kemudian pilih stiker yang ingin Anda tambahkan pada foto.

Terakhir, untuk menyimpan foto yang sudah Anda edit, pilih tombol “Save” di bagian bawah layar. Anda dapat memilih untuk menyimpan foto dalam format JPG atau PNG. Selamat mencoba!

Cara Membuat Foto Selfie Terlihat Natural dengan Teknik Edit

​Cara cepat dan mudah untuk menghasilkan foto selfie dengan tampilan seperti selebgram adalah dengan memanfaatkan aplikasi edit foto. Kamu dapat mengunduh beberapa aplikasi edit foto gratis di Google Play Store seperti PicsArt, Lightroom, atau VSCO.

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi PicsArt dan pilih foto selfie yang ingin kamu edit. Selanjutnya, gunakan fitur manual dengan menyesuaikan Brightness, Contrast, Saturation, dan Sharpness sesuai selera.

Kemudian untuk membuat foto selfie terlihat lebih alami, kamu bisa menggunakan filter natural dengan sedikit warna agar tidak terlihat berlebihan.

Jika kamu ingin memberikan finishing touch, kamu bisa manfaatkan fitur doodle untuk memberikan efek love atau bunga di pojokan foto. Terakhir, export atau save foto hasil editan dan selamat kamu telah berhasil membuat foto selfie natural ala selebgram!

5 Aplikasi Edit Foto untuk Menciptakan Foto Selfies yang Hit di Social Media

Aplikasi edit foto sangat berguna untuk meningkatkan hasil foto kita, termasuk foto selfies. Kegiatan selfie sedang merebak di seluruh dunia, dan para selebgram pun berlomba-lomba untuk menghasilkan foto-foto yang bagus dan unik untuk diunggah ke social media.

Nah, agar kamu tidak ketinggalan dalam mendapatkan likes dan followers dari teman-temanmu, berikut ini adalah 5 aplikasi edit foto terbaik untuk membuat foto-foto selfies yang hits di social media.

1. PicsArt

PicsArt adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik yang tersedia saat ini. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur editing foto yang lengkap, mulai dari fitur crop, resize, rotate, hingga fitur filter dan collage. Selain itu, PicsArt juga menyediakan berbagai stiker dan efek untuk mempercantik hasil foto kamu.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat foto-foto unik dengan efek-efek kreatif seperti double exposure, light leaks, dan lain sebagainya.

2. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express adalah aplikasi edit foto dari Adobe yang sangat populer di kalangan para selebgram. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur editing foto yang sangat lengkap, sehingga kamu bisa dengan mudah mengubah hasil foto sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat foto-foto unik dengan efek-efek kreatif seperti double exposure, light leaks, dan lain sebagainya.

3. Camera360 Ultimate

Camera360 Ultimate adalah aplikasi edit foto populer yang tersedia untuk berbagai platform seperti Android, iOS, dan Windows Phone. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur editing foto yang lengkap, sehingga kamu bisa dengan mudah mengubah hasil foto sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat foto-foto unik dengan efek-efek kreatif seperti double exposure, light leaks, dan lain sebagainya.

4. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit foto populer yang tersedia untuk berbagai platform seperti Android, iOS, dan Windows Phone. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur editing foto yang lengkap, sehingga kamu bisa dengan mudah mengubah hasil foto sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat foto-foto unik dengan efek-efek kreatif seperti double exposure, light leaks, dan lain sebagainya.

5. VSCO Cam

VSCO Cam adalah aplikasi edit foto populer yang tersedia untuk berbagai platform seperti Android, iOS, dan Windows Phone. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur editing foto yang lengkap, sehingga kamu bisa dengan mudah mengubah hasil foto sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat foto-foto unik dengan efek-efek kreatif seperti double exposure, light leaks, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 5 aplikasi edit foto terbaik untuk membuat foto-foto selfies yang hits di social media. Kamu bisa mencoba semua aplikasi di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

5 Ide Edit Foto Selfie yang Bisa Dipraktekkan Sendiri

Selfie telah menjadi sebuah tren yang tidak akan pernah mati. Hampir setiap hari, ada saja selebgram atau influencer yang membagikan foto-fotonya dengan berbagai gaya. Tidak heran, banyak orang yang punya hobi mengabadikan diri sendiri di depan kamera. Selain itu, ada juga yang menjadikan foto selfie sebagai sarana untuk mendapatkan uang tambahan. Lantas, bagaimana cara memotret selfie ala selebgram?

Ternyata, tidaklah sulit untuk mendapatkan hasil foto selfie seperti para selebgram. Kamu hanya perlu 5 ide edit foto ini agar fotomu terlihat lebih menarik. Yuk, coba praktikkan 5 ide edit foto selfie ala selebgram berikut ini:

1. Gunakan aplikasi photo editor

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau para selebgram atau influencer menggunakan aplikasi photo editor untuk merapikan fotonya. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan, seperti Adobe Photoshop atau Lightroom. Kamu bisa belajar sendiri cara menggunakan aplikasi tersebut agar hasil fotomu semakin bagus.

2. Atur tembus pandang

Tembus pandang bisa dibilang sebagai gaya foto selfie yang sedang populer saat ini. Kamu bisa gunakan tembus pandang agar ruang waktu dan tempat di sekelilingmu terlihat lebih luas. Untuk mendapatkan hasil tembus pandang yang bagus, kamu harus berlatih terlebih dahulu agar bisa menentukan sudut pengambilan foto yang tepat.

3. Praktikkan close up

Close up adalah gaya foto dimana kamu mengambil foto dari jarak dekat, hingga bagian wajah tertentu saja yang terlihat. Biasanya, para selebgram atau influencer akan memfokuskan fotonya pada mata atau bibir. Kamu bisa berlatih mendapatkan hasil close up yang bagus dengan berpindah-pindah posisi dan mencoba sudut yang berbeda.

4. Gunakan backlight

Backlight adalah teknik fotografi dimana kamu mengambil foto dengan latar belakang yang lebih terang daripada objek utamanya. Teknik ini biasanya dilakukan ketika sedang berada di outdoor, seperti di bawah sinar matahari. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kamu harus berpindah-pindah posisi agar latar belakang tidak terlalu terang atau gelap.

5. Tambahkan efek

adalah efek visual dimana objek tertentu akan terlihat lebih jelas dan fokus daripada objek lainnya. Efek biasanya digunakan untuk mempercantik foto close up. Kamu bisa membuat efek dengan mengambil foto dari jarak dekat dan menggunakan background yang berwarna gelap.

Tutorial Edit Foto Selfie Ala Selebgram yang Bisa Dicoba Sendiri

Yang terpenting dalam tutorial ini adalah kalian bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan aplikasi editing gratis.

Setelah itu, buka aplikasi Pengaturan> Opsi Pengembang> Nonaktifkan Fitur “Proteksi Konten”

Ketika mengambil foto, selalu pastikan tampak cukup jelas, dan hindari terlalu dekat dengan kamera. Untuk hasil yang lebih bagus, gunakan kamera belakang. Selain itu, perhatikan pencahayaan agar tidak terlalu gelap atau terlalu terang.

Berikutnya, buka aplikasi Camera360 lalu pilih “Efek”

Di sini kamu bisa memilih efek yang kamu sukai, bisa dari efek “kecerahan”, “pelangi”, “berawan”, “teduh”, dll

Berikutnya, buka aplikasi Instagram, lalu pilih “Edit Foto”

Pada aplikasi ini, kamu bisa melakukan berbagai macam editan foto, seperti mengubah warna, menambahkan filter, dll.

Nah, itulah beberapa tips dan trik edit foto ala selebgram yang bisa kalian coba sendiri. Semoga bermanfaat!

Cara Merawat Foto Selfie Agar Jangan Sia-Sia Hasil Edit-nya

Pertama, pastikan untuk selalu backup foto selfie yang sudah diedit. Jangan sampai foto yang sudah bagus hasil edit-nya hilang begitu saja karena terhapus atau rusak.

Kedua, jika ingin meng-upload foto selfie ke media sosial, pastikan untuk melakukan compress terlebih dahulu. Kompresi foto akan membuat foto menjadi lebih kecil, sehingga tidak akan terlalu berat saat di-upload. Selain itu, gunakan format JPG atau PNG agar kualitas foto tetap terjaga.

Ketiga, jaga kebersihan foto. Jangan sampai ada noda atau pada foto selfie yang sudah diedit. Hal ini akan menurunkan kualitas foto, sehingga hasil edit-nya pun akan terlihat buruk. Jadi, sebelum mengedit foto, pastikan untuk membersihkan foto dari noda atau terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa cara merawat foto selfie agar jangan sia-sia hasil edit-nya. Selalu backup foto yang sudah diedit, gunakan format JPG atau PNG, dan jaga kebersihan foto dari noda atau . Semoga bermanfaat!

***

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Update Berita Terbaru dari Sanepo di :

Avatar photo

Aisha Aileen Nathania

Aisha, tech enthusiast sejak 2014, suka bagi saran dan rekomendasi soal gadget dan tips.