Review + Kode Diskon Ruangguru Tahun Ajaran Baru, Diskon 62% Tanpa Syarat!

Avatar photo
Kode Diskon Ruangguru Tahun Ajaran Baru, Diskon 62% Tanpa Syarat!
Kode Diskon Ruangguru Tahun Ajaran Baru, Diskon 62% Tanpa Syarat!

SANEPO.COM – Kehadiran aplikasi Ruangguru membawa banyak manfaat untuk para pelajar. Tak dipungkiri, mengandalkan hasil belajar di sekolah saja tidaklah cukup untuk meraih prestasi terbaik. Butuh bimbingan belajar tambahan agar penguasan materi belajar siswa lebih maksimal.

Pentingnya Bimbingan Belajar di Luar Sekolah

Menurut penelitian Nur Amelia, persentase hasil belajar peserta didik meningkat hingga 31,1% saat siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Persentase hasil belajarnya siswa sebelum mengikuti bimbingan belajar yaitu 26,7%, dan meningkat menjadi 57,8%.

Angka tersebut membuktikan bahwa bimbingan belajar memainkan peran signifikan dalam mengembangkan kompetensi belajar siswa, di antaranya:

1. Proses Belajar di Rumah Jadi Lebih Terarah

Semua pasti setuju bahwa belajar di sekolah saja tidak cukup. Peserta didik juga harus belajar secara mandiri di rumah agar lebih paham dengan pelajaran yang telah ia dapat di sekolah. Selain itu, siswa juga harus menyelesaikan PR atau tugas-tugas lainnya untuk meningkatkan kemampuan belajarnya.

Di sinilah pentingnya bimbingan belajar bersama tutor, agar proses belajar siswa lebih terarah. Karena belum tentu ada teman, saudara, atau orang tua siswa yang mau dan mampu membimbing anak untuk belajar di rumah. Kalaupun siswa ingin belajar sendiri, tentu hasilnya kurang maksimal.

2. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Program bimbingan belajar juga membantu siswa agar lebih bersemangat belajar untuk memantapkan hasil belajarnya di sekolah. Rutinitas bimbel juga membiasakan siswa agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan tidak terus-terusan bermain sepulang sekolah.

3. Menambah Modul dan Referensi Belajar

Program bimbingan belajar seperti Ruangguru aktif membagikan modul dan tambahan referensi belajar untuk siswa. Dengan begitu, anak bisa belajar lebih maksimal dan tidak akan kehabisan materi belajar saat di rumah. Modulnya lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

4. Menyediakan Alternatif Pemecahan Soal

Ada banyak rumus dan perspektif dalam memecahkan soal pelajaran tertentu. Dengan mengikuti bimbel, siswa bisa memahami lebih banyak perspektif dan alternatif rumus yang lebih efektif. Sehingga membantunya dalam meningkatkan penguasaan materi dan hasil belajar.

5. Konsultasi Lebih Mendalam dengan Tutor

Tidak hanya mengikuti bimbingan belajar secara satu arah, siswa juga dapat berkonsultasi secara mendalam dengan tutor bimbelnya. Mulai dari konsultasi pemecahan soal pelajaran, hingga meminta rekomendasi buku referensi dan saran pemilihan jurusan kuliah.