Islam  

Dinosaurus Dalam Islam, Di Sebutkan dalam Al-Qur’an?

Avatar photo
Dinosaurus dalam Islam

Selama Ini kita mengenal adanya Dinosaurus dalam Ilmu Pengetahuan dan Fosil yang diteliti oleh para ilmuan. Namun bagaimanakan Dinosaurus dalam Islam? Mari kita cari tahu tentang hewan pra-sejarah salah satunya dinosaurus ini dalam pandangan Islam.

Membahas mengenai hewan Pra-sejarah memanglah hal menarik, pasalnya terdapat hewan yang berukuran sangat besar yang hidup sekitar 65 juta tahun yang lalu sebelum kepunahan terjadi.

Adakah Dinosaurus Dalam Islam?

Para ilmuan juga berhasil membuktikan adanya hewan pra-sejarah ini dengan bukti-bukti fosil yang ditemukan dan bisa kita lihat sampai detik ini di dalam museum-museum diberbagai belahan dunia.

Akan tetapi yang menjadi pembahasan kita kali ini adalah apakah Al-Qur’an pernah membahas tentang adanya makhluk besar seperti dinosaurus ini? Sebelumnya yang kita tahu bahwa Allah SWT menciptakan semua makhluknya termasuk manusia, hewan serta tumbuhan yang ada.

Sesuai yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surat An-Nazi’at Ayat 33 sebagai berikut:

مَتَٰعًا لَّكُمْ وَلِأَنْعَٰمِكُمْ

“Matā’al lakum wa li`an’āmikum”.

Artinya: (semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu.

Selain itu juga dijelaskan pada Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 10 yaitu sebagai berikut:

خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ۖ وَأَلْقَىٰ فِى ٱلْأَرْضِ رَوَٰسِىَ أَن تَمِيدَ بِكُمْ وَبَثَّ فِيهَا مِن كُلِّ دَآبَّةٍ ۚ وَأَنزَلْنَا مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَأَنۢبَتْنَا فِيهَا مِن كُلِّ زَوْجٍ كَرِيمٍ

“Khalaqas-samāwāti bigairi ‘amadin taraunahā wa alqā fil-arḍi rawāsiya an tamīda bikum wa baṡṡa fīhā ming kulli dābbah, wa anzalnā minas-samā`i mā`an fa ambatnā fīhā ming kulli zaujing karīm”.

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda dari Allah Bahwa Dia Adalah Jodohmu

Artinya: Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.

Sesuai surat berikut bahwa setelah Allah SWT menciptakan Bumi dan Langit, Allah SWT menciptakan Binatang-binatang beserta tumbuhan-tumbuhan yang baik, termasuk binatang-binatang pra-sejarah dan binatang-binatang yang kita temui saat ini. Wallahu A’lam Bishawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.