Apa itu Gagal Ginjal dan Apa Penyebab Gagal Ginjal

  • Whatsapp
Gagal Ginjal
Advertisement
Advertisement

Ginjal merupakan salah satu bagian organ dari tubuh yang memiliki fungsi paling vital bagi semua manusia. Gijal adalah organ ekskresi yang bentuknya hampir sama dengan kacang.

Ginjal merupakan bagian dari sistem urin serta fungsi ginjal sangatlah penting diantaranya adalah untuk menyaring kotoran dalam tubuh manusia (terutama urea) melalui darah lalu membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

Advertisements

Pada keadaan normal manusia biasanya terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada dibelakang perut, atau berada di kanan dan kiri tulang belakang manusia serta berada di bawah hati dan limpa. Ukuran ginjal pada orang dewasa memiliki ukuran 11 cm dengan ketebalan ginjal hingga 5 cm dengan berat 150 gram.

Advertisements

Karena fungsi dari ginjal sangatlah berperan penting bagi manusia dan sangat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan manusia, untuk itu kita harus mengetahui berbagai cara untukmenjaga kesehatan ginjal kita dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Penyebab Gagal Ginjal
Apa itu Gagal Ginjal dan Apa Penyebab Gagal Ginjal

Untuk itu kita harus memanfaatkan kehidupan kita dengan selalu dengan cara melakukan pola hidup yang sehat pada saat anda sedang beraktifitas atau beristirahat di rumah dengan cara memperbanyak olah raga dengan rutin serta menjaga pola makan yang sehat agar kesehatan ginjal kita terjaga dengan baik. Jika fungsi dari ginjal kita rusak, maka semua fungsi dari ginjal tidak akan berjalan dengan baik.

Yang perlu kita ketahui bahwa fungsi ginjal salah satunya adalah sebagai alat penyaring atau pencuci darah dan juga untuk membuang zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh (fungsi sekresi) selain itu ginjal juga berperan penting menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh manusia juga berperan untuk menjaga keasaman darah dan juga elektrolit dalam tubuh kita.

Bacaan Lainnya

Advertisements
Advertisements

Ada beberapa point yang menyebabkan akan menyebabkan fungsi ginjal kita rusak atau tidak terjaga di antaranya adalah terjadinya gagal ginjal. Ciri-ciri dan Penyebab Gagal Ginjal ini baik kronik maupun akut diantaranya adalah sebagai berikut :

Bengkak Mata, Kaki, Nyeri pinggang hebat (kolik), Kencing sakit, Demam, Kencing merah/darah. Pada pemeriksaan laboratorium biasanya akan terlihat pada Kelainan Urin: Protein, Darah/Eritrosit, Sel Darah Putih/Lekosit, Bakteri

Kesimpulan

Demikianlah tadi beberapa hal mengenai Penyebab Gagal Ginjal, semoga setelah anda mambaca dan memahami betapa pentingnya ginjal bagi kesehatan tubuh kita maka rawat dan jagalah ginjal kita selagi ginjal kita masih sehat agar terhindar dari resiko gagal ginjal.

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *