Ginjal merupakan salah satu bagian organ dari tubuh yang memiliki fungsi paling vital bagi semua manusia. Gijal adalah organ ekskresi yang bentuknya hampir sama dengan kacang.

Ginjal merupakan bagian dari sistem urin serta fungsi ginjal sangatlah penting diantaranya adalah untuk menyaring kotoran dalam tubuh manusia (terutama urea) melalui darah lalu membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

Pada keadaan normal manusia biasanya terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada dibelakang perut, atau berada di kanan dan kiri tulang belakang manusia serta berada di bawah hati dan limpa. Ukuran ginjal pada orang dewasa memiliki ukuran 11 cm dengan ketebalan ginjal hingga 5 cm dengan berat 150 gram.

Karena fungsi dari ginjal sangatlah berperan penting bagi manusia dan sangat memberikan banyak manfaat untuk manusia, untuk itu kita harus mengetahui berbagai untukmenjaga ginjal kita dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Penyebab Gagal Ginjal

Untuk itu kita harus memanfaatkan kehidupan kita dengan selalu dengan melakukan pola hidup yang sehat pada saat anda sedang beraktifitas atau beristirahat di rumah dengan memperbanyak olah raga dengan rutin serta menjaga pola makan yang sehat agar ginjal kita terjaga dengan baik. Jika fungsi dari ginjal kita rusak, maka semua fungsi dari ginjal tidak akan berjalan dengan baik.

Yang perlu kita ketahui bahwa fungsi ginjal salah satunya adalah sebagai alat penyaring atau pencuci darah dan juga untuk membuang zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh (fungsi sekresi) selain itu ginjal juga berperan penting menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh manusia juga berperan untuk menjaga keasaman darah dan juga elektrolit dalam tubuh kita.

Ada beberapa point yang menyebabkan akan menyebabkan fungsi ginjal kita rusak atau tidak terjaga di antaranya adalah terjadinya gagal ginjal. Ciri-ciri dan Penyebab Gagal Ginjal ini baik kronik maupun akut diantaranya adalah sebagai berikut :

Dapatkan berita terbaru dari SANEPO di:
CEO Sanepo