6 Cara Shutdown Laptop Windows 10 dengan Aman dan Praktis

cara shutdown laptop Windows 10
cara shutdown laptop Windows 10

SANEPO.COM – Cara shutdown laptop Windows 10 tidak melulu menggunakan touchpad dan mouse. Ternyata kita bisa mematikan laptop dengan beberapa cara.

Cara shutdown laptop Windows 10 juga sangat mudah sekali. Sanepo telah mempersiapkan enam cara yang dapat kamu terapkan sendiri dengan mudah. 


Dengan mengetahui beberapa cara shutdown laptop Windows 10, maka kamu bisa memiliki pilihan untuk mematikan laptop. Untuk detailnya kamu bisa menyimak informasi berikut.

Cara Shutdown Laptop Windows 10

Tercatat, ada beberapa cara yang dapat kita terapkan untuk mematikan laptop. Berikut sanepo telah merangkum caranya di bawah ini.

1. Cara Mematikan Laptop yang Benar 

cara shutdown laptop Windows 10
cara shutdown laptop Windows 10

Pertama, kamu bisa mematikan laptop secara manual. Cara ini merupakan cara klasik yang sangat mudah untuk diterapkan. Kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut. 

  • Pertama, silahkan klik start (logo Windows di pojok kiri bawah). 
  • Kemudian kamu bisa pilih pengaturan. 
  • Terakhir pilih shutdown. 
  • Dengan begitu maka laptop akan mati secara aman.

2. Gunakan Shortcut Alt + F4

Cara kedua yakni dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + F4. Dengan memakai shortcut ini, maka kamu tidak perlu mematikan laptop memakai mouse atau touchpad. 

Saat kamu menekan kombinasi tombol ini, maka secara otomatis semua aplikasi dan jendela yang terbuka akan langsung menutup. 

Setelah itu, maka laptop kamu akan mematikan daya secara otomatis. Hal ini tentunya lebih praktis dan lebih cepat. Bahkan cara ini juga terasa lebih aman. 

3. Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard CTRL + Alt + Del

Selain dua cara di atas, ada juga cara yang memungkinkan kamu mematikan laptop tanpa harus menyentuh touchpad atau mouse. 

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Sebenarnya cara ini sudah lama dipakai dan sudah sangat populer. 

Ketika kamu menekan kombinasi tombol ini, maka akan muncul beberapa pilihan seperti Shut down, Restart, dan Sleep. Terakhir, kamu bisa langsung klik shutdown agar laptop langsung mati. 

4. Menggunakan Command Prompt

Sebenarnya untuk cara yang satu ini sedikit kurang praktis. Karena kamu harus masuk ke panel CMD

Namun sebagai bahan referensi dan pengetahuan, kamu tetap harus mengetahui cara yang satu ini. 

Kamu hanya perlu masuk ke CMD. Setelah itu silahkan ketik shutdown -s lalu klik enter. Jangan lupa klik close. Dengan begitu maka laptop akan langsung mati secara otomatis. 

5. Cara Shutdown Laptop Windows 10 dengan Keyboard Win + X

Selanjutnya kamu juga bisa mematikan laptop dengan kombinasi tombol Win + X. Ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan dalam proses ini. Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah berikut.

Dapatkan berita terbaru dari SANEPO di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *