Cara Mengubah Link Jadi Barcode atau QR Code Gratis dan Mudah

Avatar photo
Cara Mengubah Link Jadi Barcode atau QR Code Gratis dan Mudah

SANEPO.COM – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengubah Link jadi Barcode, untuk itu silakan kamu simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Untuk memudahkan pembagian informasi baik itu melalui blog, Google Form, Google Drive ataupun yang lainnya yang memiliki link, Barcode atau QR Code sangatlah bermanfaat sekali.

Dengan adanya teknologi yang satu ini, maka kamu bisa dengan mudah membagikan link panjang dengan cara sederhana dan bisa dengan mudah di-scan oleh penggunanya.

Dalam pembahasan ini, kami akan membahas lengkap tentang bagaimana cara untuk mengubah link menjadi QR Code dan Barcode dengan ara online dan juga gratis.

Sekilas Tentang Barcode

Barcode merupakan gambar yang terdiri dari beberapa garis yang saling berjarak dan kumpulan angka.

Biasanya ini ditemukan pada supermarket atau pusat perbelanjaan, fungsi barcode ini adalah untuk mengubah informasi produk menjadi kode tertentu untuk mempermudah proses identifikasi.

Sekilas Tentang QR Code

Sementara itu, ada pula juga QR Code. Pada dasarnya, QR Code merupakan kependekan dari Quick Response Code.

Pada dasarnya, QR Code merupakan salah satu jenis barcode yang dapat dengan mudah dibaca menggunakan perangkat digital, contohnya aplikasi pembaca QR yang ada pada smartphone.

Fungsi dari Kode QR adalah untuk memudahkan para pengguna smartphone untuk mengakses informasi dengan cara mudah dan juga akan lebih cepat.

Barcode hanya bisa menyimpan informasi dengan arah horizontal saja, sementara QR Code bisa menyimpan informasi dengan cara vertikal dan juga horizontal (2 dimensi).

QR Code juga bisa menyimpan data yang jauh lebih banyak dibanding barcode biasanya, yaitu hingga 2.500 karakter dibandingkan barcode yang hanya bisa menyimpan 25 karakter saja.

Cara Mengubah Link Jadi Barcode Gratis

Bagaimana jika kamu ingin mengubah link menjadi jenis barcode yang lainnya selain QR Code? Kamu juga bisa menggunakan barcode generator online gratis yang ada di luar sana.

Beberapa contoh barcode generator online gratis yang cukup populer adalah sebagai berikut ini.

  1. Barcode.tec-it.com
  2. Barcodesinc.com

Sebagai contoh, kamu sudah merangkum cara mengubah link menjadi barcode menggunakan Barcode.tec-it.com yang bisa kamu simak berikut ini.

  1. Silahkan kamu masuk ke website Barcode.tec-it.com.
  2. Lalu Masukan link yang ingin kamu ubah menjadi kode barcode.
  3. Selanjutnya kamu Klik tombol Download.
  4. Barcode dari link yang sebelumnya sudah kamu masukan. Selain link website, cara yang sama juga bisa kamu lakukan untuk link Google Form, Google Drive, dan link-link yang lainnya.

Penutup

Demikian sedikit ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengubah Link Jadi Barcode semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.