Cara Menghitung Jam Tayang YouTube dan Faktor yang Mempengaruhinya

Avatar photo
cara menghitung jam tayang YouTube
cara menghitung jam tayang YouTube

Bagi kamu yang ingin jadi YouTuber, kamu harus tahu cara menghitung jam tayang YouTube. Karena perhitungan ini menjadi dasar agar bisa membuatmu lebih mudah menganalisis perkembangan channel. 

Karena tanpa tahu perhitungan jam tayang, bukan tak mungkin kamu akan capek dan lelah sendiri. Mengingat view banyak tapi jam tayang belum tercapai. Oleh karena itu, sanepo akan menjelaskan kepada kalian semua gambaran jam tayang YouTube.

Cara Menghitung Jam Tayang YouTube

cara menghitung jam tayang YouTube
cara menghitung jam tayang YouTube

Mungkin diantara kamu masih ada yang bingung apa bedanya view dan jam tayang? Jam tayang merupakan waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton video yang kamu buat. Sedangkan view merupakan jumlah orang yang menonton video kamu.

Untuk bisa menghitung jam tayang di YouTube, ada beberapa acuan yang bisa kita pakai. Pertama kita perlu menggunakan acuan jam. Mungkin diantara kamu masih ada yang bingung 4000 jam berapa jam tayang. 

Berdasarkan informasi yang sanepo dapatkan, 4000 jam tayang harus kamu capai selama setengah tahun atau sekitar 167 hari. Ini artinya, dalam satu tahun, paling tidak channel YouTube kamu memiliki view yang stabil sebelum melakukan monetisasi.

Cara melihat 4000 jam tayang pada channel YouTube hanya perlu mengakses creator studio. Sayangnya dalam Creator Studio, statistik yang ditampilkan merupakan statistik menit. Jadi total menit yang telah ditonton orang lain di video milikmu. 

Kalau kita hitung dengan acuan menit, untuk 1 jam sama dengan 60 menit. Jadi untuk 4000 jam maka sama dengan 240.000 menit. Oleh karena itu, kamu memerlukan waktu dengan durasi 240.000 menit untuk bisa monetisasi.

Faktor Perhitungan Jumlah Jam Tayang YouTube

cara menghitung jam tayang YouTube
Faktor yang mempengaruhi jam tayang

Ada dua faktor yang mempengaruhi perhitungan jam tayang YouTube, yakni durasi video dan jumlah video. Untuk lebih jelasnya simak pemaparan berikut ini. 

1. Durasi Video

Durasi video menjadi sangat penting untuk bisa merangkak naik dan ditonton secara keseluruhan oleh orang lain. Durasi yang disukai oleh orang untuk menonton video YouTube yakni dibawah 10 menit. 

Durasi yang tak terlalu panjang biasanya lebih disukai oleh orang lain. Sehingga mereka bisa menonton video yang kamu buat hingga selesai. Durasi yang pendek juga memungkinkan videomu direkomendasikan oleh YouTube. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.