pada kesempatan kali ini tim sanepo akan membahas tentang file , mulai dari apa itu file hinga cara membuka file di , windows maupun mac.

Jika kamu pernah menggunakan perangkat dan mengunduh aplikasi selain dari Google Play Store, maka kamu mungkin menemukan file (singkatan dari Package Kit).

Saat kamu mengunduh aplikasi selain dari Play Store, biasanya dalam format dan kamu bisa menginstal file apk tersebut secara manual.

Tapi apa yang ada di dalam file APK ini dan bagaimana kamu membukanya? Panduan ini akan membahas apa itu file APK, isi dari file apk, cara membuka file apk dan cara menginstalnya di berbagai perangkat.

Apa Itu File APK?

Sebuah berkas dengan APK ekstensi file adalah file paket yang digunakan untuk mendistribusikan aplikasi di Google Android sistem operasi.

File APK disimpan dalam format ZIP, biasanya di unduh langsung ke perangkat Android, bisa melalui Google Play Store, tetapi juga bisa ditemukan di toko aplikasi selain google play store.

Beberapa konten yang ditemukan dalam file APK biasa mencakup file AndroidManifest.xml, class.dex, dan resources.arsc ; serta folder META-INF dan res.

Apa Isi File APK?

Paket file apk Android berisi semua file yang dibutuhkan untuk satu program/aplikasi Android. Di bawah ini adalah daftar file dan folder yang paling menonjol:

  • META-INF/ : Berisi file manifes, tanda tangan pembuat, dan daftar sumber daya di dalam arsip
  • lib/ : Pustaka asli yang berjalan pada arsitektur perangkat tertentu (armeabi-v7a, x86, dll.)
  • res/ : Sumber daya, seperti gambar, yang tidak di kompress ke dalam resources.arsc
  • assets/ : File sumber daya mentah yang dibundel pengembang dengan aplikasi
  • AndroidManifest.xml : Menjelaskan nama, versi, dan isi file APK
  • class.dex : Kelas Java yang dikompilasi untuk dijalankan pada perangkat ( file.DEX )
  • resources.arsc : Sumber daya yang dikompilasi, seperti string, yang digunakan oleh aplikasi ( file.ARSC )

Cara Membuka File APK Di Android, Windows dan

Sebagian besar sistem operasi utama dapat membuka file APK, tetapi mereka digunakan terutama untuk menginstal aplikasi di perangkat Android. Berikut adalah berbagai metode tentang cara menginstal file APK:

Cara Membuka File APK di Android

Menginstal file APK di perangkat Android semudah mengunduhnya seperti file lainnya, lalu membukanya saat diminta.

Tetapi jika file APK kamu diunduh di luar Google Play Store, itu tidak akan diinstal secara otomatis karena sistem Android memblokir instalasi dari sumber luar secara default.

Untuk melewati batasan keamanan ini dan menginstal APK dari sumber yang tidak dikenal, kamu dapat menavigasi ke salah satu menu ini.

Dapatkan berita terbaru dari SANEPO di:
Avatar photo