6 Cara Membuat Konten Berita di YouTube dengan Mudah

Avatar photo
cara membuat konten berita di YouTube
cara membuat konten berita di YouTube

Pada kesempatan kali ini, sanepo akan membagikan cara membuat konten berita di YouTube. Mungkin kamu pernah terbayang bagaimana sulitnya membuat konten berita di YouTube. 

Padahal untuk membuat video berita di YouTube sangatlah mudah. Karena kamu tidak perlu keluar rumah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Untuk lebih jelasnya, mari simak tahapan sanepo berikut ini.  

Cara Membuat Konten Berita di YouTube

Berdasarkan pengalaman dan praktek yang telah sanepo lakukan, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten berita versi YouTube. 

1. Tentukan Jenis Topik Berita

cara membuat konten berita di YouTube
riset menentukan topik

Sebelum kamu memulai membuat konten berita, cara pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik berita yang akan dibahas. Pengkhususan topik ini sangat penting, agar channel dipandang lebih bagus. 

Dalam dunia berita, ada banyak sekali topik yang bisa dibahas. Misalnya saja topik berita bola (Indonesia atau luar), topik berita selebriti atau artis (bisa dikhususkan misal artis Raffi Ahmad), berita tentang hp, laptop, PC, dan lain sebagainya. 

Akan lebih bagus ketika topik yang kamu bahas lebih khusus, misal tentang Artis Raffi Ahmad. Konten yang dibuat dari awal sampai akhir isinya tentang Raffi semua. Hal ini agar lebih memudahkan dalam pembuatan konten berita selanjutnya. 

2. Riset Tentang Sumber Topik Berita

cara membuat konten berita di YouTube
riset sumber topik

Jika kamu mencari konten YouTube tanpa biaya, maka konten berita adalah jawabannya. Karena ada banyak sumber yang bisa dijadikan sebagai konten berita YouTube. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.  

Setelah menentukan topik konten, maka tahap selanjutnya yakni riset keyword atau riset tentang konten yang akan dibuat. Misalnya saja kamu mengambil topik tentang bola Indonesia, maka kamu bisa mencari sumber berita dari media-media nasional atau situs PSSI dan situs resmi klub. 

Jika kamu mengambil topik berita artis, kamu bisa memanfaatkan media sosial mereka sebagai sumber berita. Setiap aktivitas atau sensasi dari artis tersebut, bisa kamu buat konten video YouTube. 

3. Ketahui Cara Penyampaian dan Penyajian Berita

cara membuat konten berita di YouTube
cara penyampaian berita

Apabila kamu telah melakukan riset tentang sumber-sumber yang akan dijadikan referensi, tahap selanjutnya yakni cari tahu penyampaian konten berita YouTube. Video berita ada dua penyampaian, yakni dibuat seperti berita di TV atau hanya berisi potongan video, teks, dan gambar saja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.