4 Cara Membersihkan Speaker HP Xiaomi dengan Mudah

cara membersihkan speaker hp Xiaomi
cara membersihkan speaker hp Xiaomi

SANEPO.COM – Bagi pengguna hp Xiaomi, kamu tahu tidak bagaimana cara membersihkan speaker hp Xiaomi? Kamu harus tahu tutorial berikut agar bisa mengatasi permasalahannya dengan mudah. 

Cara membersihkan speaker hp Xiaomi sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa langkah dan tahapan yang bisa kamu terapkan sendiri. 


Dengan menerapkan cara membersihkan speaker hp Xiaomi, maka kamu dapat mengantisipasi masalah speaker jika sewaktu-waktu terjadi masalah. 

Cara Membersihkan Speaker HP Xiaomi

Sekedar informasi, cara ini hanya bersifat penanganan pertama. Jadi yang menjadi sumber masalah adalah hardware, maka kamu bisa memperbaikinya melalui service center Xiaomi.

Tercatat ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan speaker di HP Xiaomi. Berikut sanepo telah merangkum cara-caranya di bawah ini.

1. Menggunakan Pembersih di Pengaturan 

Bagaimana cara membersihkan speaker HP Redmi, Poco, dan Xiaomi? Cara yang dapat kamu lakukan yakni dengan menggunakan pembersih speaker bawaan. 

Cara ini dapat membuat speaker hp kamu lebih awet dan terhindar dari kerusakan. Lantas bagaimana cara membersihkan speaker menggunakan pembersih bawaan? Simak langkah-langkah berikut. 

cara membersihkan speaker hp Xiaomi
cara membersihkan speaker hp Xiaomi
  • Pertama, silahkan buka pengaturan hp Xiaomi milikmu. 
  • Selanjutnya scroll ke bawah dan pilih setelan tambahan
  • Setelah itu, silahkan pilih pembersih speaker
  • Nah pada menu tersebut, silahkan aktifkan menu pembersihan. 
  • Dengan begitu, maka secara otomatis sistem akan membersihkan speaker selama 30 detik. 

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut sebanyak 5 kali dalam sehari. Tujuannya agar mendeteksi lebih dini kerusakan speaker dan dapat membuat speaker jadi lebih baik. 

2. Meniup Bagian Lubang Speaker 

Bagaimana cara memperbaiki speaker hp yang terkena air? Karena biasanya ada pengguna mengalami permasalahan hp terkena air hingga menyebabkan lubang speaker juga basah kena air.  

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan meniup bagian lubang speaker yang terkena air. 

Dengan meniup lubang speaker, maka air yang ada di dalamnya bisa cepat kering. Hal ini memungkinkan speaker bisa kembali normal dan tidak error lagi. 

3. Menggunakan Magnet 

cara membersihkan speaker hp Xiaomi
cara membersihkan speaker hp Xiaomi

Cara membersihkan speaker HP Xiaomi 5a dan tipe lainnya yakni dengan menggunakan magnet. Biasanya lubang speaker ada yang kemasukan debu dan partikel kecil lainnya. 

Hal ini terkadang membuat speaker jadi nggeber dan sedikit error. Bahkan terkadang suara speaker jadi tidak enak untuk didengar. 

Dapatkan berita terbaru dari SANEPO di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *