Cara Cek Saldo BPNT Lewat HP Terbaru 2022

Avatar photo
cara cek saldo BPNT lewat HP
cara cek saldo BPNT lewat HP

SANEPO.COM – Tahukah kamu bagaimana cara cek saldo BPNT lewat HP? Mari simak tutorial dari sanepo agar kamu bisa mendaftarkan diri sebagai penerima BPNT dan mencairkannya.

Cara cek saldo BPNT lewat HP sebenarnya sangat mudah sekali. Bahkan kamu bisa memakai SMS, M-banking, maupun melalui ATM. 

Sebelum memasuki cara cek BPNT 2022 Lewat HP, kamu perlu menyimak tentang bantuan BPNT berikut ini.

Apa Itu Saldo BPNT Kemensos Go id?

cara cek saldo BPNT lewat HP
cara cek saldo BPNT lewat HP

Bagi kamu yang belum tahu, mungkin akan kebingungan apa itu BPNT. Ternyata, BPNT merupakan kependekan dari Bantuan Pangan Non Tunai. 

Bantuan yang satu ini merupakan bantuan sosial dari pemerintah yang diberikan dalam bentuk non tunai (bisa sembako, dan lain-lain) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Tak heran juga banyak masyarakat yang menyebutkan bahwa bantuan ini merupakan bantuan sembako. Karena memang isinya dalam bentuk sembako. 

Sebelum kamu tahu cara cek BPNT Sembako, kamu harus tahu bahwa BPNT disalurkan oleh pemerintah setiap bulan. Jadi setiap bulan pasti ada bantuan tersebut. Nantinya BPNT akan disalurkan melalui mekanisme akun elektronik. 

Informasi yang sanepo dapatkan, bansos ini hanya dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pangan di pedagang atau Elektronik Warung Gotong Royong (e-warong) yang telah bekerja sama dengan bank.

Cara Cek Nama Penerima BPNT 2022 dan Cara Daftarnya

cara cek saldo BPNT lewat HP
cara cek saldo BPNT lewat HP

Untuk mendaftar sebagai penerima BPNT, kamu harus memenuhi syarat seperti pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), tidak mengikuti bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Kamu juga tidak sedang menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), atau bantuan lainnya. Kemudian tidak berstatus sebagai pejabat negara (ASN, TNI/Polri, karyawan BUMN/BUMD).

Jika kamu memenuhi persyaratan tersebut, maja bisa langsung mendaftarkan diri sebagai penerima BPTN. Untuk tutorialnya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan hubungi RT/RW setempat untuk mengajukan penerima bantuan BPNT.
  • Nantinya akan ada surat pemberitahuan dan formulir pendaftaran yang harus kamu isi. 
  • Silahkan langsung Isi formulir tersebut sesuai dengan data pribadi.
  • Nantinya petugas akan melakukan verifikasi apakah kamu layak menerima bantuan atau tidak.
  • Jika telah terverifikasi, kamu akan menerima KKS.
  • Dengan begitu kamu bisa terdaftar sebagai penerima bantuan BPNT.

Setelah terdaftar, tentu harus memastikan bahwa namamu telah terdaftar. Lantas bagaimana cara mengecek bantuan BPNT? Simak tutorial berikut ini. 

  • Pertama kunjungi situs https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Pada halaman tersebut, silahkan isi semua data dengan benar. 
  • Jangan lupa isi captcha dengan mengisinya sesuai dengan petunjuk. 
  • Terakhir, silahkan klik cari data
  • Nantinya akan muncul penerima manfaat. Jika kamu terdaftar, maka nama kamu akan muncul. 

Cara Cek Saldo BPNT Lewat HP 2022

Jika nama kamu sudah terdaftar sebagai penerima BPNT, maka kamu akan mendapatkan saldo setiap bulan dengan jumlah hingga Rp300 ribu. 

cara cek saldo BPNT lewat HP bisa melalui M-banking dan SMS. Untuk prosesnya kamu hanya perlu membuka fitur SMS. Lalu, ketik Saldo (spasi) PIN (BPNT milikmu). Kirim ke nomor 3300.