SANEPO.COM – Tahukah kamu, apa arti kata Tempek Bahasa Jawa dan dalam bahasa gaul? Belakangan istilah tempek atau sering digunakan di media sosial. 

Kata tempek biasanya dapat dengan mudah ditemukan di kolom komentar dan postingan seseorang. Bahkan netizen yang berasal dari luar Jawa juga banyak yang memakainya. 

Lantas sebenarnya seperti apa sih kata tempek atau itu? Apakah makanan yang selama ini kita kenal? Atau apa? Yuk simak ulasan berikut ini. 

Fenomena Kata Tempek di Media Sosial

Arti Kata Tempek Bahasa Jawa

Seperti yang telah sanepo singgung sebelumnya, banyak sekali penggunaan kata tempek di media sosial. 

Padahal secara sesungguhnya, merupakan makanan khas asli Indonesia yang terbuat dari kedelai. Mengapa kata bisa begitu viral?  

Nah setelah sanepo telusuri, biasanya pengguna media sosial akan memakai kata tersebut untuk mengolok-olok orang lain. Misalnya saja seperti katan “dasar kayak tempek lu”, “Jadi orang jangan kayak tempek lah”, dan lain sebagainya. 

Kalau dilihat sekilas memang memiliki konotasi yang kasar. Apalagi kalau tujuannya untuk mengolok-olok seseorang, tentunya kata memiliki arti yang kasar. 

Apakah karena tempe itu lunak, sehingga banyak yang menggunakan kata tempek untuk menggambarkan orang yang plin plan, klemer-klemer? 

Kira-kira tempek artinya bahasa jawa apa? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Arti Kata Tempek Bahasa Jawa

Dalam bahasa Jawa, kata tempe memiliki dua arti yang berbeda. Secara denotasi ( sebenarnya), dalam bahasa Jawa kata tempe berarti sebuah makanan yang terbuat dari kedelai. 

Namun secara konotasi ( tidak sebenarnya yang cenderung buruk), kata tempek memiliki arti alat krlamin wanita. Mengapa alat kelamin wanita dinamakan dengan tempek? 

Setelah sanepo telusuri lebih dalam, dinamakan tempek karena memiliki bentuk yang menyerupai belahan. Nah tempe (makanan) biasanya akan dibelah-belah menjadi tipis. 

Dapatkan berita terbaru dari SANEPO di: